PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di MTs YAJRI Payaman Secang Magelang)
ZAMRONI AKHMAD - NIM. 02471184,
(2008)
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN UNTUK
MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi
Kasus Di MTs YAJRI Payaman Secang Magelang).
Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Full text not available from this repository.
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui tugas dan
fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan di Mts YAJRI Desa
Payaman Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, 2) Mengetahui upaya kepala
sekolah untuk meningkatkan kompetensi professional guru Pendidikan Agama
Islam di MTs YAJRI Payaman Secang Magelang, 3) Mengetahui teknik-teknik
supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi professional
guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan
pendekatan naturalistik atau sering disebut juga dengan pendekatan
kualitatif. Pendekatan ini memandang kenyataan sebagai suatu yang
berdimensi jamak, utuh/merupakan kesatuan. Pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini antara
lain:Teknik individu yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi guru, yaitu kunjungan kelas dan juga pertemuan
individu yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan guru di MTs YAJRI
Payaman Secang Magelang, khususnya guru Pendidikan Agama Islam Sebagai
hasil penelitian ini adalah supervisor pendidikan dapat memainkan peran
yang penting, zntara lain membantu sekolah melakukan evaluasi diri untuk
menemukan dan mengenali kelemahan dan kelebihannya, tantangan yang
dihadapi dan peluang yang ada. Kepala sekolah sebagai supervisor
pendidikan dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola program
peningkatan mutu pendidikan, mulai dari proses perancangan kegiatan,
pelaksana dan pemantauan serta evaluasi hasil program tersebut. Jika
pelaksanaan pengawasan secara prosedural sudah sesuai dengan konsep dan
dasar supervisi / inspeksi yang ada, maka implikasinya pada pendidikan
akan menghasilkan mutu pendidikan dan akhirnya tercipta pendidikan
bermutu. Selanjutnya penelitian skripsi ini diharapkan dapat memberikan
Memberikan kontribusi kognitif bagi perkembangan wacana mengenai
supervisi pendidikan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja
pengawas sekolah pada umumnya demi terselenggaranya pendidikan yang
lebih bermutu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | b Pembimbing : /b DR. Abdurrahman Assegaf, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kepala sekolah, supervisor pendidikan. |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Last Modified: | 04 May 2012 16:41 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1509 |
Posting Komentar