PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI (Studi Pada MA NURUL HUDA SUKARAJA OKU TIMUR SUMATERA SELATAN)
MUSRIPAH NIM: 03470616, pithenk
(2012)
PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI (Studi Pada MA NURUL HUDA SUKARAJA OKU
TIMUR SUMATERA SELATAN).
Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Text
BAB I, IV.pdf - Published Version Download (3616Kb) |
|
Text
BAB II, III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (130Kb) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tugas
kepala sekolah sebagai supervisor, upaya kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI, problem yang dihadapi serta
cara penyelesaian yang ditempuh kepala sekolah terkait dengan upaya
meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di MA Nurul Huda Sukaraja OKU
Timur Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif, dengan mengambil lokasi MA Nurul Huda Sukaraja OKU Timur
Sumatera Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah
seluruh data, reduksi data, display data dan verifikasi terhadap data
yang berhasil dikumpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui
teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kepala sekolah di
MA Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Sumatera Selatan dalam melaksanakan
tugas sebagai pemimpin dan pengawas di sekolah belum terbiasa melakukan
supervisi secara langsung di kelas. Pengawasan yang dilakukan kepala
sekolah hanya berbentuk pengamatan dari jauh dengan mengacu kepada
pedoman supervisi yang ada dan melalui diskusi (individu dan kolektif)
dan guru PAI di MA Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Sumatera Selatan belum
menguasai kompetensi pedagogik secara menyeluruh. Masih terdapat
beberapa aspek yang belum dikuasai oleh guru PAI terkait dengan
kompetensi pedagogik guru, diantaranya adalah guru PAI di MA Nurul Huda
Sukaraja tidak (terbiasa) membuat RPP sewaktu akan melaksanakan proses
pembelajaran, tidak (terbiasa) menggunakan media dan metode pembelajaran
secara variatif; (2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi
pedagogik guru PAI diantaranya melalui pelaksanaan diskusi kelompok
terbimbing yang diadakan satu bulan sekali, pendelegasian guru dalam
bidang edukatif yang dilaksanakan dalam bentuk pelatihan-pelatihan baik
menyeluruh maupun individu, memberikan penghargaan terhadap guru melalui
kepercayaan kepala sekolah dengan wujud pemberian tambahan jam
pelajaran, dan penyediaan sumber pembelajaran yang memadai, dan
sebagainya; (3) Problem yang dihadapi sekolah diantaranya adalah:
kurangnya kesadaran dari yang dimiliki sumber daya manusia (SDM) dalam
hal ini guru (termasuk guru PAI) dalam meningkatkan kompetensi
pedagogiknya, belum tersedianya infrastruktur atau sarana prasarana
pembelajaran yang memadai, dan kurangnya dana yang tersedia; (4)
Cara-cara yang ditempuh kepala sekolah untuk mengatasi problem diatas
adalah: pertama, dengan mengadakan perpustakaan guru dan menyediakan
komputer di ruang guru dengan harapan agar guru termotivasi untuk
meningkatkan kompetensi pedagogiknya; kedua, terkait dengan masalah dana
dan penyediaan sarana prasarana, kepala sekolah meminta bantuan ke
Departemen Agama RI, ke Kantor Wilayah, dan menjalin kerjasama dengan
berbagai instansi terkait, selain itu juga kepala sekolah mengambilkan
dana dari sisa saldo operasional ujian (Tengah Semester, Semester dan
Negara).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kepala Sekolah, Supervisor, Meningkatkan, Kompetensi, Pedagogik, Guru PAI |
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Date Deposited: | 03 Aug 2012 09:49 |
Last Modified: | 03 Aug 2012 09:53 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2429 |
Posting Komentar